Minggu, 04 November 2012

Belajar bahasa inggris melalui lagu

Metode Pengajaran Dengan Lagu

  • Manfaat Lagu untuk Mengajar
Anak-anak segala usia suka menyanyi, bermain dan mengulang-ulang lagu yang pendek. Seorang guru bahasa asing di sekolah dasar yang bijaksana dapat memanfaatkan kecenderungan alamiah ini untuk pengajaran di kelasnya. Lagu, dril-dril klasikal dan bermain dengan lagu-lagu pendek dapat dimanfaatkan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan, menimbulkan minat dan semangat belajar siswa, disamping dapat pula dijadikan media pembelajaran kosakata, melodi bahasa inggris dan sebagai alat untuk membetulkan ucapan yang salah tanpa menimbulkan rasa malu dipihak siswa yang belajar. Bumpass (1963, 132) menyatakan adanya dua faktor yang menentukan keberjasilan pemanfaatan lagu untuk mengajar bahasa asing kepada siswa usia dini, yaitu:
a. Pemilihan lagu yang dapat menjawab kebutuhan emosional siswa dan menarik secara intelektual.
b. Perencanaan kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan lagu agar dapat memenuhi beberapa persyaratan seperti: menyenangkan, dapat mempertahankan minat, dapat digunakan sebagai alat bantu untuk belajar melafalkanbunyi-bunyi baru, membantu pembelajaran kata-kata dan konsep-konsep baru melalui tindakan dan dramatisasi yang cocok.
  • Alasan Penggunaan Lagu
Alasan mendasar penggunaan lagu untukpengajaran bagi siswa usia dini adalah untuk memberikan tambahan latihan mengucapkan kokata yang sudah dikenal siswa melalui media yang menyenangkan yaitu nyanyian. Guru yang kreatif dan banyak akal yang mengenal keadaan ini dapat mengembangkan teknik-teknik untuk mengajarkan lagu-lagu yang sederhana untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswanya setiap kali mengajar. Guru juga dapat menciptakan sendiri nyanyian-nyanyian pendek berisi kosakata yang telah dipelajari siswanya yang diambil dari buku pelajaran mereka. Lagu-lagu yang dimanfaatkan mungkin sangat sederhana, tetapi dengan semakin meningkatnya perkembangan bahasa mereka, lagu-lagu yang semakin rumit dapat disajikan juga.
  • Prinsip Dasar dalam Mengajarkan Lagu
Prinsip dasar yang harus selalu diingat guru dalam mengajarkan lagu-lagu berbahasa inggris adalah kata-kata dalam lagu yang diajarkan hendaknya tidak diperlihatkan dulu sebelum semua konsep dalam lagu tersebut dipahami dan irama lagunya diperkenalkan kepada siswa. Mungkin sebagian orang merasa meragukan kemampuan anak-anak untuk belajar menyanyikan sebuah lagu tanpa melihat tulsannya, tetapi dalam kenyataan ini bias dilakukan anak-anak dengan mudah. Kita semua tentu ingat bahwa seorang anak usia 3 tahun sudah dapat menyanyikan lagu bintang kecil atau balonku ada lima tanpa mengetahui bagaimana tulisannya. Demikian pula dengan lagu-lagu berbahasa inggris, dimulai dengan lagu yang sederhana.
Paul mempunyai pendapat positif tentang penggunaan nyanyian untuk pembelajaran bahasa asing bagi anak-anak. Ia menyatakan bahwa nyanyian dapat memberikan dimensi yang utuh dalam kelas anak-anak dan memudahkan anak-anak mengingat kata-kata, pola-pola dan ungkapan-ungkapan suatu bahasa secara alamiah.
Nyanyian dapat menambahkan masuknya perasaan dan irama dalam latihan berbahasa; tanpa itu latihan akan terasa datar saja. Nyanyian dapat pula membantu siswa untuk lebih mudah mengingat bahasa yang diajarkan, dapat pula memungkinkan siswa terlibat lebih dalam dengan pelajaran. Memang benar ada banyak guru berhasil mengajar anak-anak walaupun ia jarang memanfaatkan lagu dalam pembelajarannya.,terutama karena para guru ini sendiri tidak suka menyanyi, tetapi sebenarnya para guru ini telah melewatkan sesuatu yang sangat istimewa. Kebanyakan anak suka menyanyi, sementara nyanyian atau nyanyian pendek adalah salah satu aspek dalam pelajaran Bahasa Inggris yang dipelajari anak-anak dengan penuh perasaan yang murni dan yang kemudian akan dapat dibawa pulang bersama mereka. Nyanyian tersebut akan tetap tinggal di kepala mereka dan mereka akan menyanyikannya terus walaupun pelajaran sudah selesai, menyenandungkannya dalam perjalanan pulang, dan menyanyinkannya berulang-ulang di rumah.
  •  Cara Untuk Memanfaatkan Lagu
Adapun berbagai cara yang dapat digunakan untuk memanfaatkan lagu dan nyanyian pendek untuk megajar:

- Menyanyikannya: anak-anak menyanyikan lagu yang melodinya mudah ditangkap dan berisi bahasa yang dapat dimanfaatkan.
- Dengan melakukan gerakan: anak-anak melakukan gerakan-gerakan sambil menyanyikan lagu. Ini adalah cara yang paling efektif dalam pemanfaatan nyanyian terutama untuk anak-anak. Sesungguhnya lagu yang sesuai dengan kata-kata di dalamnya.
- Nyanyian-nyanyian pendek: hamper semua kalimat atau ungkapan dapat dilaguka. Kalau memungkinkan nyanyian-nyanyian pendek dapat pula dikombinasikan dengan gerakan.
- Latar belakanga: lagu diperdengarkan sebagai latar belakang ketika anak-anak sedang melakukan permainan.
- Di luar pelajaran di kelas: orang tua dianjurkan untuk memperdengarkan nyanyian berbahasa inggris melalui tape recorder atau CD player di mobil dan di rumah.

Selain cara tersebut di atas, ada juga langkah yang dapat digunakan secara umum untuk mengajarkan lagu-lagu berbahasa inggris sederhana yaitu: sebelum meminta siswa untuk menyanyikan lagu yang diajarkan, guru harus sudah menjelaskan isi dan makna nyanyian tersebut dalam bahasa pertama dan kemudian memperdengarkannya melalui CD atau kaset audio. Setelah itu guru memberikan contoh bagaimana melafalkan syair lagunya secara bertahap baris demi baris tanpa dinyanyikan yang kemudian diulang oleh siswa. Setelah itu baru guru menyanyikannya baris demi baris sampai siswa mengenal lafal dan irama musiknya dengan baik.

Berikut contoh nyanyian yang menyenangkan dan dapat diberikan kepada siswa :

video       
   
                                                         
                                                   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar